Wisata

Mengintip Keindahan Air Terjun Gugubali di Desa Bere Bere Kecil Pulau Morotai

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:22
Mengintip Keindahan Air Terjun Gugubali di Desa Bere Bere Kecil Pulau Morotai Suasana air terjun Gugubali di kolam bawah dan atas. Berada di Desa Bere Bere Kecil (BBK) Pulau Morotai. (Foto: Derdarius For TIMES Indonesia)

TIMES SIBOLGA, PULAU MOROTAI – Selain air terjun Raja di Morotai Selatan Barat yang sudah dikenal keindahannya. Ternyata Air Terjun Gugubali di Desa Bere Bere Kecil (BBK) yang jauh lebih indah dan menarik serta masih alami, tetapi belum banyak diketahui para wisatawan lokal. Destinasi wisata ini belum dikelola oleh Dinas Pariwisata Pulau Morotai.

Untuk diketahui, Pulau Morotai Maluku Utara kaya akan wisata alam Air Terjun. Bahkan ada enam kecamatan di pulau terluar ini semuanya memiliki air terjun yang punya karakteristik dan daya tarik masing masing.

air terjun Gugubali 2

"Karakteristiknya memiliki dua tingkatan air terjun, memiliki tiga kolam, satu dibawah dan dua diatas, selain itu airnya sangat jernih dan bersih. Kondisi hutan disekitar air terjun pun masih "perawan" membuat udaranya sangat sejuk walaupun disiang hari berada disitu pengunjung pasti betah," ungkap warga BBK, Derdarius D Kasene, Minggu (7/3/2021).

Masyarakat Bere Bere Kecil (BBK) biasanya berenang saat melakukan piknik di Air Terjun Gugubali bila tiba hari libur. Tempat tersebut dijadikan tempat rekreasi bagi anak sekolah maupun masyarakat umum.

Jarak tempuh dari desa BBK terbilang dekat sekitar 3 KM. Bila dari Daruba Ibukota Kabupaten lumayan jauh, dapat ditempuh dengan mobil dengan perjalanan 148 KM, memakan waktu kurang lebih 3 jam.

air terjun Gugubali 3

Perjalanan yang cukup melelahkan. Namun semua itu akan hilang ketika tiba di lokasi.  Dengan suguhan pemandangan hutan yang asri, dibarengi berenang di air yang sejuk, seluruh lelah, letih dan dahaga karena menempuh perjalanan jauh akan hilang seketika.

Sebelum tiba di lokasi air terjun Gugubali, selama di tengah perjalanan pengunjung akan melewati sejumlah destinasi wisata. Antaranya wisata pantai Tanjung Pinang, Moro Madoto, Pantai Nunuhu, Tanjung Gorango dan Tanjung Amerika.

Selain itu, setelah tiba para pengunjung disambut dengan berbagai kicauan jenis burung yang dapat menghilangkan rasa penat, sehingga pengunjung pun akan ingin lebih lama lagi menikmati keindahan alam dan Air Terjun Gugubali.

air terjun Gugubali 4

Namun sayang, objek wisata Air Terjun Gugubali yang menakjubkan itu belum dikelola oleh Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah. 

"Air Terjun Gugubali Bere Bere Kecil ini kondisinya masih alami belum ada sentuhan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata ataupun pihak swasta, padahal air terjunnya sangat indah. Semoga Pemkab meliriknya dan dijadikan salah satu destinasi wisata Pulau Morotai," harap Derdarius D Kasene, Mahasiswa asal Desa Bere Bere Kecil, Morotai Jaya.(*).

Pewarta : Abdul Halil Husain
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sibolga just now

Welcome to TIMES Sibolga

TIMES Sibolga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.