Berita

Nihil Gempa Susulan di Malang, BMKG Imbau Warga Tidak Panik

Sabtu, 10 April 2021 - 15:10
Nihil Gempa Susulan di Malang, BMKG Imbau Warga Tidak Panik ILUSTRASI - Gempa. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMES SIBOLGA, MALANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak panik. Gempa bumi magnitude 6,7 itu diprediksi tidak ada gempa susulan. 

"Hingga Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, dalam keterangan tertulisnya. 

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta mengindari bangunan retak dan rusak akibat gempa. 

Bambang menjelaskan kejadian gempa tektonik pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi," jelasnya. 

BMKG mencatat, dampak gempa bumi di Malang, Jatim ini hingga dirasakan masyarakat wilayah Malang Raya, Kediri Raya, Madiun, Trenggalek, Jombang, Nganjuk, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Bondowoso, Sumbawa, Tabanan, dan beberapa daerah lainnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sibolga just now

Welcome to TIMES Sibolga

TIMES Sibolga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.