https://sibolga.times.co.id/
Berita

Menko Marvest RI: Ada 4 Wilayah Kasus Konfirmasi dan Kematian Tinggi

Senin, 02 Agustus 2021 - 21:38
Menko Marvest RI:  Ada 4 Wilayah Kasus Konfirmasi dan Kematian Tinggi Menko Marves RI Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: dok. Kemenko Marves RI)

TIMES SIBOLGA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves RI) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan ada empat wilayah yang saat ini terus dipantau oleh Pemerintah RI, karena adanya peningkatan kasus dan kematian tinggi. Keempat wilayah yang dimaksudkan merupakan Bali, Malang Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Solo Raya.

"Selama 1 minggu terakhir, angka kasus harian wilayah Jawa dan Bali sudah menunjukkan tren penurunan," kata Luhut dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Luhut menyampaikan sejak puncaknya 15 Juli 2021, sampai 1 Agustus 2021 sudah terjadi penurunan di angka 50 persen. Meski sebagai sesuatu yang positif, Luhut meminta semua pihak berhati-hati, terutama dengan virus Corona varian Delta.

Luhut juga memaparkan penyesuaian daerah yang menerapkan PPKM level 4, 3, dan 2. Rincian daerah tersebut akan diumumkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Dalam penerapan PPKM level 4 dan 3 pada tanggal 3 Agustus nanti terdapat 12 kabupaten/kota yang masuk ke level 3; dan 1 kabupaten masuk ke level 2," ujarnya.

Luhut mengatakan ada beberapa kabupaten/kota yang juga naik ke level 4 karena terjadinya peningkatan kasus kematian.

"Ada beberapa daerah yang harus mendapat perhatian khusus karena masih tingginya kasus terkonfirmasi, positivity rate, jumlah kematian warganya seperti Bali, Malang Raya, DIY, dan Solo Raya," tambahnya.

PPKM Level 4 Diperpanjang

Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021. Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM level 4.

"Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Jokowi mengatakan PPKM level 4 yang diterapkan pada 26 Juli-2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya. Perbaikan itu di antaranya terkait turunnya kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, hingga persentase tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sibolga just now

Welcome to TIMES Sibolga

TIMES Sibolga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.